Rabu, 01 Agustus 2012

10 Tips Menghadapi Sidang Tugas Akhir



Minggu-minggu ini lagi zamannya sidang tugas akhir (TA). Ini ada beberapa tips yang dapat disimpulkan selama memperhatikan beberapa sidang teman-teman di prodi tercinta (+ pengalaman pribadi tentunya :D ).
1. Pahami dengan baik pekerjaan yang kita lakukan dan kalimat-kalimat yang ditulis di draft TA. Ya iya lah,, secara itu kerjaan kita,, ya harusnya kita yang paling tahu.
2. Jangan sampe nggak belajar sebelum sidang, ini saran dari pembimbing saya. Teori-teori yang berkaitan dipahami lagi, latihan presentasi, dan tambahan : yang tidak kalah penting adalah latihan tanya jawab. Coba prediksi pertanyaan apa yang kira-kira akan muncul, misalnya kenapa dalam desain anda memilih A, bukannya B?? Lalu coba jawab dengan bahasa yang mudah dipahami.
3. Pastikan jadwal sidang kapan dan di mana, siapa pengujinya. Bisa fatal kalau salah jadwal dan tempat :D
4. Oh ya,, coba lihat lagi background penguji. Mata kuliah apa yang beliau-beliau ajarkan? Karena terkadang pertanyaan yang ditanyakan penguji tiba-tiba mengarah ke mata kuliah yang beliau ajarkan, walaupun terkadang agak sedikit menyimpang dari topik TA kita. Ada teman yang topiknya tentang routing, tapi tiba-tiba ditanyai soal antena *berhubung pengujinya emang ahli di antena*. Ada juga yang topiknya tentang microwave, tapi tiba-tiba ditanya soal sistem komunikasi optik *kebetulan yang nanya mengajar kuliah tsb*
5. Ingatkan pembimbing jadwal sidang kita. Bahaya kalau sampe pembimbing nggak datang,, bisa-bisa terjadi peristiwa yang teman saya menamakannya “2 kali (H-1)” :mrgreen:
6. Harus cukup tidur sebelum sidang, biar fresh gitu …
7. Berpakaian yang formal, rapi, enak dilihat lah pokoknya!
8. H-1 sampai D-1 –> biasanya panik dan grogi! Don’t panic! Kepanikan terkadang bisa merusak suasana, misalnya tiba-tiba kancing baju copot, ataupun kesialan-kesialan lain yang seharusnya tidak perlu.
9. Saat presentasi dan tanya jawab, yang penting adalah kita percaya diri, tegas, dan menyakinkan para penguji. Menurut saya, kunci STA adalah di sini. Kembali ke poin 1, ini kan pekerjaan kita sendiri, jadi seharusnya yang paling tahu pekerjaan ini adalah kita. Beberapa dosen juga menghargai kalau kita berusaha untuk mempertahankan pendapat kita. Tapi ya kalau kita memang salah, tidak perlu memaksakan diri untuk mempertahankan pendapat…
10. Terakhir, tapi penting. Berdoa kepada Sang Pencipta agar dilancarkan sidangnya.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar