Selasa, 19 Juni 2012

Enable dan Disable Mode Hibernate di Windows 7

Pada setiap operating system masa kini pasti sudah disediakan fasilitas untuk melakukan hibernate pada komputer maupun notebook. Sama seperti OS lain, Windows 7 juga menyediakan fasilitas tersebut yang tentunya akan membuat kinerja keseluruhan perangkat menjadi efektif dan maksimal.
Enable dan Disable Mode Hibernate di Windows 7 Image
Sebelum membahas bagaimana cara disable atau enable hibenate pada Windows 7, berikut ini sedikit pengertian apa itu Hibernate.
FAQ
Q) Apakah hibernate itu?
A) Hibernate adalah salah satu mode pada komputer dimana pada saat tersebut system akan memindahkan data memory ke dalam hard disk. Kemudian secara simultan system akan memutus asupan power ke dalam kesuluruhan system yang tentunya bisa menghemat lebih banyak energi. Meskipun bisa diaplikasikan pada desktop PC, mode Hibernate lebih banyak digunakan pada notebook karena lebih banyak menbutuhkan penghematan listrik.
Q) Apa bedanya dengan mode Standby?
A) Fungsinya hampir sama, yaitu sama-sama menghemat daya listrik pada komputer/notebook ketika tidak digunakan. Perbedaannya, kalau mode Standby tidak akan memindah data dari memory internal sedang hibernate akan memindahakn data dari memory internal ke hardisk untuk sementara waktu.
Q) Lebih efektif mana antara mode Standby dengan Hibernate?
A) Dilihat dari mana dulu? Kalau dari segi penghematan battery lebih hemat mode Hibernate, tapi kalau dilihat dari kecepatan bangun dari tidur (Wake-up), mode Standby lebih cepat kembali ke posisi normal karena hanya mengambil data dari memory, bukan dari hard disk pada notebook/komputer.
Kembali ke topik utama, bagaimana cara enable dan disable pada Windows 7 buatan Microsoft:
  • Buka command prompt dengan cara klik tombol Start, pada kolom search ketik CMD kemudian tekan tombol Enter.
  • Pada jendela command prompt ketik powercfg -h on kemudian tekan tombol Enter.
    Enable dan Disable Mode Hibernate di Windows 7 Image
  • Untuk menkonfigurasinya, masuk ke Control Panel, Hardware and Sound, Power Options, pilih Balanced dan keumudian lanjutkan dengan pilih Change plan settings.
    Enable dan Disable Mode Hibernate di Windows 7 Image
  • Lanjutkan dengan memilih Change advanced power settings. Klik menu Sleep, pilih Hibernate after dan tentukan waktu kapan komputer/notebook akan Hibenate secara otomatis jika tidak ada proses input data pada komputer/notebook.
    Enable dan Disable Mode Hibernate di Windows 7 Image
  • Terakhir, klik tombol OK dan kembali ke meu utama.
    Enable dan Disable Mode Hibernate di Windows 7 Image
Langkah sebelumnya adalah bagaimana cara mengaktifkan mode hibernate pada komputer/notebook. Sekarang waktunya menonaktifkan (disable) dari hibernate di Windows 7:
  • Sama seperti sebelumnya, buka command prompt.
  • Ketik powercfg -h off kemudian tekan tombol Enter.
    Enable dan Disable Mode Hibernate di Windows 7 Image
  • Tutup jendela command promt anda.
  • Selesai sudah, mode hibernate sudah dinonaktifkan dari windows 7 yang anda pakai.
Cukup mudah bukan? Sekarang anda bisa mengontrol sendiri penggunaan mode hibernate pada Windows 7, apakah akan di enable, disable yang tentunya bisa ditentukan sendiri berapa lama notebook/komputer bisa masuk ke mode hibernate secara otomatis.

Terimakasih terlah berkunjung.. Semoga bermanfaat buat anda.. amien...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar