Senin, 18 Juni 2012

Membuat dan Mengganti Background Twitter

Sudah punya account Twitter? jangan mau ketinggalan, daftarkan sekarang juga! karena Twitter sedang menjadi tren yang luar biasa banyak manfaatnya. Sepintas tampaknya Twitter adalah mikro blogging sekaligus situs jejaring sosial yang sederhana, namun justru karena kesederhanaannya itulah disukai banyak orang. Tapi jika Anda perhatikan baik-baik Twitter bisa bersaing dengan Facebook yang memang saat ini menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia.
Pada tulisan kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda bagaimana caranya membuat dan menggangi tampilan background Twitter Anda menjadi lebih menarik dan mengundang decak kagum kerabat dan teman baru Anda, bahkan orang-orang yang tidak mengenal Anda-pun menjadi ingin berteman dengan Anda.

Sekilas Mengenai Background Image Twtiter

Background image atau latar belakang gambar pada Twitter merupakan hal yang bisa Anda ganti sesuai dengan selera Anda. Saat ini tersedia beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan dengan gratis. Namun pilihan tersebut sangatlah terbatas jumlahnya, apalagi menurut saya desainnya terlalu monoton dan kurang menarik perhatian pengunjung halaman Twitter Anda.
Secara tidak langsung dengan mengganti background image pada Twitter maka Anda akan mendapatkan perhatian khusus oleh para pengguna Twitter lainya dan tidak menutup kemungkinan akan mengikuti (following) Anda. Jika tujuan Anda mendaftar di Twitter adalah untuk mendapatkan teman sebanyak-banyaknya maka cara ini cukup mengundang perhatian orang yang mampir ke halaman Twitter Anda.

Mencari dan Mengganti Background Image Halaman Twitter Anda

Yang pertama kali ingin saya kenalkan adalah mencari background image yang sudah tersedia di internet dan kebanyakan adalah gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Cara ini adalah langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan jika ingin cepat menggantinya.
twilight new moon
Carilah background image Twitter menggunakan Google, masukkan keyword/kata kunci “backgound twitter” atau “background image twitter”. Dalam sekejap Anda akan dihadapkan pada hasil pencarian yang cukup banyak, silakan pilih URL 1 hingga 10 pada halaman pertama yang benar-benar menyajikan background image Twitter secara khusus.
Beberapa website dari hasil pencarian menggunakan keyword di atas adalah sebagai berikut:
twitter com 5Dari semua website di atas menawarkan jasa penggunaan background mereka secara cuma-cuma hingga ada yang berbayar. Namun kesemuanya menawarkan kemudahan saat Anda ingin langsung menerapkannya sebagai background Twitter Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah username dan password pada Twitter.
Diantara website di atas ada juga yang hanya memberikan inspirasi kepada Anda beberapa contoh desain yang telah digunakan oleh orang yang mendesain gambar-gambar tersebut. Jika Anda menemukan website seperti ini harap diingat bahwa ini hanyalah desain inspirasi bagi Anda bukan untuk digunakan oleh Anda tanpa izin secara langsung dari si empunya.
Saya tidak akan menjelaskan secara lebih lanjut bagaimana caranya menerapkan background pilihan Anda untuk bisa langsung digunakan karena secara prinsip adalah sangat mudah, namun sedikit berbeda antara website yang satu dan lainnya.

Membuat Background Image Twitter Sendiri

Jika Anda adalah ahli desain komputer grafis tentunya tidak akan pernah mau menggunakan background buatan orang lain. Akan lebih mantab dan memiliki makna dan kepuasan tersendiri apabila mampu membuatnya.
Anda harus membuat sebuah file gambar berekstensi .jpg/.gif/.png. Ukuran minimal tinggi dan lebarnya adalah 600 x 1000 pixel. Sebetulnya ukuran ini sifatnya adalah relatif, namun ini adalah ukuran minimal yang saya sarankan dan ukuran tinggi dan lebar dapat dibuat sama. Jangan lupa yang terpenting adalah ukuran dari file gambar Anda tidak lebih dari 800 Kb (Kilobyte), jika lebih Twitter akan menolaknya.
twitter com 1
Setelah berhasil dibuat, saatnya memasang background kreasi Anda. Login-lah terlebih dahulu pada Twitter, klik pada menu Settings yang ada di bagian atas atau header lalu klik pada tab Design.
twitter com 2
twitter com 3
Pada bagian atas tersedia desain yang sudah disediakan oleh Twitter, dan dibagian bawah ada menu untuk mengganti background buatan Anda sendiri. Silakan klik pada menu Change Background Image, akan muncul sebuah baris isian dimana Anda bisa mengunggah atau upload file berekstensi seperti di atas dengan ukuran maksimal 800 Kb tadi, lalu klik tombol Save Changes.
Perhatikan opsi Tile Background, fungsinya adalah untuk membuat gambar pilihan Anda menjadi berulang-ulang sesuai ukurannya. Hal ini sama dengan saat Anda yang biasa mengganti background sistem operasi Microsoft Windows.
twitter com 4Apabila sukses maka background Twitter Anda akan segera berganti sesuai yang Anda inginkan. Jika masih belum sesuai tampaknya Anda masih perlu memperbaiki tata letak, warna dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilakukan pada menu Change Design Colors yang ada dibagian kanan menu sebelumnya. Agar tampilan background lebih cocok Anda perlu mengaturnya sedemikian rupa hingga sesuai dengan background hasil kreasi Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada menu Change Design Colors adalah sebagai berikut:
  • warna background (warna latar belakang)
  • warna teks (warna teks tanpa tautan atau tanpa link)
  • warna link (warna tautan atau link)
  • warna sidebar (warna panel menu sebelah kanan)
  • warna border sidebar (warna garis terluar panel menu sebelah kanan)

Tips Khusus

Jika Anda meletakkan objek gambar dibagian kiri atau kanan halaman utama Twitter, maka Anda wajib perhatikan ukurannya, jangan terlalu lebar ke arah kanan jika objek diletakkan di sebalah kiri. Sebaliknya jangan terlalu lebar ke arah kiri jika objeck gambar diletakkan di bagian kanan halaman.
Anda harus tahu bahwa tiap-tiap orang menggunakan resolusi layar yang berbeda. Saat ini sedikitnya resolusi ini adalah 1024 x 768 pixel adalah yang paling minimal digunakan oleh banyak komputer, jadi pastikan bahwa desain Anda akan tampil sesuai dengan yang Anda inginkan pada ukuran resolusi apapun.
Jangan meletakkan objek gambar khusus di bagian tengah halaman karena objek tersebut tidak akan tampil karena tertutup halaman utama update Twitter Anda.
Demikian tulisan saya semoga bermanfaat bagi Anda para pengguna Twitter
Semoga bisa bermanfaat... amien..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar