Selasa, 03 Juli 2012

Menghindari maut di jalan

Kecelakaan setiap akhir tahun memang sudah menjadi fenomena yang kerap kali dijumpai dalam tiap perjalanan mudik, baik ingin pulang kampung maupun arus balik. Tentunya hal satu ini adalah sebuah momok yang menakutkan bagi para pengguna jalan raya yang sedang melintas. Was-was, itu adalah perasaan yang sering mendatangi para pengemudi. 

Kecelakaan tidak pandang bulu, siapa saja mungkin akan bisa mendapatkan kecelakaan. Baik itu pengendara sepeda motor, pengemudi bus dan mobil akan memiliki peluang 1 diantara berjuta pengemudi lainnya. Apa yang harus dilakukan dalam mencegah kecelakaan lalu lintas yang tiap tahun sering terjadi..??
Hal yang pertama kali dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap mesin kendaraan.
Ini adalah faktor yang cukup menghasilkan resiko kecelakaan yang signifikan. Cek lah pada bagian mesin, mulai dari oli mesin, gardan/transmisi, minyak rem, karburator mesin dan filter mesin tentunya. Karena dari hal ini lah banyak kecelakaan yang sering terjadi, apalagi yang sering karena rem tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu pastikan keadaan sepatu rem kendaraan dalam kondisi baik dan layak untuk dipakai bepergian jauh.
Pengecekan terhadap lampu penerangan dan wiper kaca mobil
Lampu penerangan, wiper kaca juga jangan lupa untuk diperhatikan. Karena dari sini kadang muncul masalah apabila kamu berkendara pada saat malam hari. Tentunya kita tidak mau masalah seperti ini akan mengganggu kelancaran perjalanan kita bukan..?? Nah periksa bola lampu kendaraan anda serta tegangan volt dari baterai mobil, periksa juga karet wiper kaca mobil dan bila perlu air sabun pencuci kaca mobil kalau-kalau ada debu tebal yang menghalangi pandangan mata saat mengemudi.
Pengecekan ban dan perkakas mobil lainnya.
Ban adalah salah satu yang penting dalam perjalanan. Kalau kamu ingin berpergian keluar kota, jangan lupa untuk membawa ban serep. Hal ini dilakukan supaya menjaga-jaga kalau mobil yang kita kendarai sedang mengalami bocor ban / ban yang kempes. Sertakan juga alat seperti dongkrak ban dan perkakas mobil penting lainnya supaya bisa membantu ketika ingin mengganti ban.
Bawaan barang dan muatan dalam kendaraan
Sering kali orang memaksakan barang bawaan yang berlebihan kedalam kendaraan dan ditambah lagi dengan jumlah penumpang yang banyak. Hal ini tidak boleh dilakukan dan sangat mempengaruhi laju kendaraan apabila melaju diatas kecepatan 50kmh. Bisa jadi akan terjadi kecelakaan karena muatan tidak seimbang dengan kekuatan daya tampung dari kendaraan kita.
Jangan pernah paksakan kendaraan kita mengangkut barang bawaan yang over capacity alias berlebihan. Yang ada nanti malah kecelakaan bukannya kenyamanan perjalanan.
Cuaca dan lalu lintas
Faktor cuaca sangat mendukung jikalau kita ingin berpergian keluar kota. Karena cuaca mampu menghambat pergerakan perjalanan kita sendiri. Misalnya ketika musim hujan maka kita jangan memacu kendaraan diatas kecepatan rata-rata yang sudah ditetapkan. Lebih baik berlari dengan kecepatan normal kendaraan pada umumnya. Dan kita juga menghindari kecelakaan karena jalanan licin serta kontur tidak rata. 
Ketaatan kita terhadap lalu lintas adalah upaya yang membantu kita dalam menghindari kecelakaan di jalan. Banyak sekali kecelakaan yang terjadi karena tidak patuh terhadap peraturan lalu lintas. Sebagai contoh sederhana kecelakaan ketika menerobos lampu merah di simpang jalan. Kalau kita patuh pasti kita akan selamat dalam perjalanan.
Dan yang terakhir adalah kesiapan sang pengemudi dalam memacu kendaraan di jalan raya. Hal ini perlu diperhitungkan selain dari pengecekan mesin dan peralatan mobil / kendaraan lainnya. Tak jarang juga kecelakaan disebabkan karena kelalaian pengemudi atau human error. Maka dari itu kesiapan kesehatan, fisik dan mental juga perlu. Dan tak luput dari semua itu adalah doa. Karena apapun ceritanya kalau kita sudah berdoa pasti akan dilindungi Tuhan serta perjalanan kita akan sampai tujuan.
Nah, itulah beberapa saran yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan kegiatan perjalanan jauh dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar