Selasa, 03 Juli 2012

step pada anak


step pada anakStep pada anak merupakan permasalahan yang besar, tidak boleh disepelekan. Jika teledor, anak bisa mengalami kelumpuhan pada kaki, ketajaman otak menjadi lemah, bahkan bisa terkena ayan. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai saat ini setiap kita, khususnya para orang tua, harus mengetahui gejala dan tanda-tanda step pada anak.
Tanda step
Step memiliki beberapa tanda yang mudah dikenali. Yang paling mudah dikenali adalah kejang yang sifatnya mendadak. Dalam tingkatan yang parah step dapat menimbulkan busa pada mulut, wajah biru, mata terbalik sehingga warna putih berada dibawah, tidak ditengah,mulut mencong (ujung mulut tertarik kearah pipi). Semua gejala ini hanya berlangsung dalam beberapa menit. Oleh sebab itu waspadalah. Jangan sampai anak anda terkena step ia tidak mendapatkan perlakuan yang selayaknya.
Bisa disembuhkan
Walhamdulillah step termasuk penyakit yang bisa disembuhkan. Kuncinya kita harus mengetahui apa yang menyebabkan atau apa faktor pemicu step.
Faktor pemicu step
Step tidak akan muncul kecuali terlebih dahulu anak harus mengalami demam berkepanjangan atau demam yang sangat parah. Hampir semua demam pada anak-anak dapat menimbulkan step, baik yang ringan maupun yang berat. Oleh sebab itu, sebaiknya orangtua harus selalu waspada agar jangan sampai demam pada anak dibiarkan begitu saja. Yang harus diingat, sifat penyakit anak atau bayi sangat berbeda dengan orang dewasa, apalagi organ pencernaannya masih lemah.
Agar pengobatan step berjalan lancar, sebaiknya mengetahui demam ini, anda perlu mengetahui apakah penyebabnya. Apakah disebabkan karena keracunan makanan atau yang lain. Dengan demikian, pengobatan step bisa lebih cepat sasaran dan terarah.
Sembuh dengan terapi herbal
Herbal atau pun cara terapi lainnya bisa menyembuhkan step, bi idznillah. Intinya anda harus membuat demam anak anda turun. Dengan hilangnya demam pada anak anda, resiko step akan semakin berkurang. Secara mudahnya bisa dikatakan, jika demam hilang maka step akan hilang juga.
Terlanjur step
Akan tetapi jika bayi atau anak anda terlanjur step, anda jangan salah langkah. Jangan hanya terfokus mengobati demam pada anak, mengingat demam sifatnya cendrung lama dan berkepanjangan. Tetapi fokuskan pada dua hal, menghentikan demam dan membuat hentakan )* pada anak. Dan menghentikan hentakan inilah yang didahulukan. Maksudnya jika anak yang mengalami step mulai kejang-kejang, maka kejang-kejang inilah yang harus anda prioritaskan, mengingat proses kejang-kejang ini berlangsung sangat cepat, hanya dalam hitungan menit. Berbeda dengan deman yang cendrung lama dan berkepanjangan.
Oleh sebab itu, bagaimanapun jenis step yang diderita anak anda, lakukan kedua cara ini: membuat hentakan dan menurunkan panas
Bisa kambuh lagi?
Bisa, namun selagi anak tidak demam, resiko step sangat kecil. Oleh sebab itu, perhatikanlah masalah ini . jangan biarkan step berkepanjangan. Hilangkan dengan sebisa mungkin. Pilihlah obat yang cocok dan hindari obat yang bersifat keras karena pencernaan bayi masih lemah.
Pengobatab Step
Banyak cara mampu mengobati step, namun kami menyarankan “obat luar” dari pada obat dalam. Jangan gunakan obat dalam kecuali dalam kasus yang berat, seperti kasus demam yang disebabkan karena faktor keracunan makanan. Bila demikian keadaannya, maka disamping diobati, pasien juga dianjurkan minum air kelapa, tidak harus yang muda (air kelapa yang tua lebih disarankan karena daya caharnya sedang sehingga sangat cocok untuk anak-anak dan bayi).
Akan tetapi, apabila obat luar tidak mempan juga, maka silahkan menggunakan obat dalam. Pilih yang reaksinya cepat. Anda bisa menggunakan madu atau telur dan perbanyaklah minum air putih. Tinggalkan kebiasaan mengkompres dengan air atau es. Namun jika anda ingin mengkompres, maka sebaiknya menggunakan air hangat, jangan memakai air dingin atau es, karena air dingin atau air es , mempunyai reaksi memanaskan tubuh setelah air atau es itu hilang. Gambaran mudahnya, ketika anda masuk keruangan ber –AC, udara terasa sangat dingin. Tapi setelah anda keluar dari ruangan tersebut, udara diluar terasa panas.
Selain kelemahan ini, kompres hanya mendinginkan satu bagian tubuh saja. Pendingin seperti ini sangat berbahaya karena kotoran darah bias bertumpuk didaerah tersebut meski hanya sementara. Selain cara ini, anda bisa menggunakan terapi daging kambing atau gulai kambing atau menggunakan obat kimia, tapi dosisnya harus sangat kecil karena organ pencernaan masih belum sempurna. Untuk lebih jelasnya, masalah dosis obat kimia ini, silahkan anda Tanya kepada ahlinya. Wallohua’lam.
)* maksudnya membuat hentakan atau membuat kaget bayi dengan tangan pada tubuh bayi, bisa dengan cara mencubit atau menampar tubuh bayi. Disarankan penamparan atau pencubitan dilakukan didaerah paha. Lakukan secara berulang-ulang, lakukan cara ini, lebih-lebih jika dalam mulut pasien terlihat adanya buih. Dengan cara ini resiko negative step bisa dihindari, terutama efek ayan atau epilepsy. Tapi untuk efek lainnya, seperti penurunan akal atau lumpuh kaki, cara ini hanya mengurangi saja, focus terapi tetap pada penurunan demam.
Sumber: Tim NUKHBA, majalah al-Mawaddah Edisi ke-7 tahun ke-3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar