Jumat, 06 Juli 2012

Optimalisasi Baterai Notebook Agar Lebih Tahan Lama

Optimalisasi Baterai Notebook Agar Lebih Tahan Lama

Mungkin kita sering tidak memakai notebook dalam waktu yang lama. Misalnya saja selama 2 minggu. Padahal, didalam notebook itu ada baterainya. Hal inilah yang akan membuat baterai notebook kita tidak awet. Atau dapat juga dikatakan bahwa hal itu akan membuat umur baterai berkurang. Lantas, bagaimana supaya baterai kita awet dan tahan lama.
Kebanyakan notebook zaman sekarang menggunakan system auto discharging. Maksudnya, apabila baterai sudah penuh, maka AC power pada Charger akan memutus arus listrik menuju baterai. AC power hanya mengalirkan listrik ke power notebook. Hal ini akan membuat notebook kita semakin awet. Namun, apakah semua produk notebook zaman sekarang menggunakan fasilitas ini? Belum tentu. Kebanyakan produk-produk dari Compaq-lah yang menggunakan fasilitas ini. Karena, fitur ini juga merupakan salah satu kelebihan notebook Compaq. Lantas bagaimana cara mengatasi notebook yang tidak menggunakan fasilitas auto discharging? Berikut akan dikembangkan materi tentang tulisan ini.
  • Apabila notebook Anda menggunakan fasilitas auto discharging, tidak masalah jika AC power menancap terus berikut dengan baterainya di notebook Anda. Lantas, bagaimana jika notebook kita tidak menggunakan fasilitas auto discharging? Hal yang harus Anda lakukan adalah mencabut AC power apabila baterai sudah penuh. Tetapi, kalau Anda berencana menggunakan notebook Anda dalam waktu yang lama, lebih baik cabut baterai Anda dan simpan di tempat yang aman. Sehingga, notebook menggunakan daya dari AC power saja (charger)
  • Pastikan kuat arus (ampere) dan voltase dari charger notebook Anda harus sesuai dengan yang tertulis di baterai. Oleh karena itu, selalu pakai charger yang di dapat ketika membeli notebook. Jangan coba-coba menggunakan charger lain dari produk. Meskipun merknya sama dan unplug powernya bisa masuk notebook, belum tentu voltase dan kuat arusnya sama dengan baterai Anda. Jadi, usahakan selalu bawa charger sendiri.
  • Jangan sampai baterai memiliki isi o%. Ini akan membuat cell baterai rusak yang berdampak pada pengurangan jumlah umur baterai Anda.
  • Tampilkan ikon baterai pada taskbar untuk memantau isi dari baterai dengan cara : klik start > control panel > power option,lalu pilih tab advanced.Checlist (beri tanda centang) untuk Always Show Icon on The Taskbar
  • Simpan baterai pada suhu ruang. Ruangan yang panas menyebabkan ledakan pada baterai, pengrusakan komponen cell baterai, yang akan menyebabkan umur baterai berkurang
  • Jaga baterai jangan sampai terjatuh. Baterai yang terjatuh mengakibatkan komponen dalam pecah yang akan mengakibatkan korsleting listrik
Mungkin hanya itu saja yang dapat saya berikan kepada Anda semua. Anda juga bisa ikut sumbang saran terhadap artikel ini agar lebih baik untuk kedepannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar